Langsung ke konten utama

Never Lose Hope! oleh @pathdailyquote

Teruntuk hati yang pernah berharap, adakah kesempatan untuk kembali sembuh? Teruntuk kecewa yang tengah didapat, akankah hati dapat kembali utuh?

Sahabat, seberapa sering kita mendengar kata harapan? Atau seberapa sering kita berharap terhadap sesuatu, apa pun itu? Hampir setiap saat, bukan? Sebenarnya, apa makna harapan?

Jika menilik maknanya, harapan adalah angan manusia yang ingin diwujudkan. Harapan selalu memberi motivasi pada kita untuk melangkah dan mengubahnya menjadi realita. Mungkin kita pernah merasa, hidup yang kita jalani saat ini tak adil. Itu bermula ketika kenyataan yang kita hadapi tidak sesuai dengan keinginan. Harapan lahir dari keinginan dan cita-cita, berupa rencana atau visi dan misi hidup. Sedangkan kenyataan adalah sesuatu yang kita alami dan harus kita hadapi. Kenyataan yang pahit, terasa begitu nyata seperti gunung es, saat kamu berada di atas kapal laut, tak bisa mengelak saat menabraknya, sepiawai apa pun sang nakhoda. Kekecewaan bertumpuk seperti awan kelam yang menggulung kala hujan deras hendak mengguyur, seakan siap mengirim banjir dan longsor. Sebelum menghadapinya, kamu pasti sudah merasa takut, karena imajinasi tentang kekelaman yang akan dihadapi sudah tergambar dalam pikiranmu. Akan semakin berat rasanya menjalani rutinitas hidup dengan berbagai bayangan menakutkan seperti itu.

Di saat-saat seperti ini, akan terasa mudah untuk mengatakan bahwa orang lain tidak pernah mengerti apa yang kamu rasakan dan mereka hanya bisa memberikan justifikasi terhadap kenyaaan pahit yang sudah kamu alami. Memang lebih mudah untuk menghindari nasihat-nasihat yang terasa menghakimi, dibandingkan merenungi sejenak, apakah memang nasihat itu merupakan solusi untuk masalah yang kamu hadapi. Lingkaran ini bisa dibilang lingkaran setan yang terus mengelilingi kamu di saat hidup terasa pahit, di mana kamu mendapat kenyataan yang tak sesuai dengan keinginan dan harapan, tetapi dengan mudahnya kamu menepis pertolongan orang lain dan menjauh dari-Nya.

           Sahabat, percaya atau tidak, dalam hidup ini pasti ada mukjizat, yaitu sesuatu yang dikira tak masuk akal namun sungguh terjadi. Terkadang hal seperti ini terjadi saat kamu sudah merasa lelah bergelut dengan permasalahan hidup, namun kamu masih memilki secercah harapan pada Allah SWT. Ini kadang terjadi saat kamu merasa tak ada lagi orang yang peduli dengan kegetiran hidup yang kamu alami, namun kamu masih bersabar untuk mendapatkan bantuan dari-Nya.

“La haula wala quwwata illa billah.”

Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah.

        Kamu jangan takut akan suatu masalah besar yang sedang kamu hadapi, karena sebesar apa pun masalah itu, kamu masih punya Allah yang Mahabesar.

Teruslah berbaik sangka pada Allah dengan meyakini Dia menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Pelangi akan muncul selepas hujan, maka yakinlah akan ada kebahagiaan yang muncul selepas kesedihan yang tengah dirasakan. Ini sudah menjadi janji Allah. Begitu pun dengan masalah. Allah telah pasangkan masalah dengan doa. Karena bila ditilik lebih jauh, doa itu erat kaitannya dengan sabar dan shalat. Di dalam kesabarannya dalam menghadapi cobaan dan ujian, seseorang kan selalu memanjatkan doa kepada-Nya.

Sangat disayangkan ketika masih ada yang menganggap ringan kekuatan doa. Sejatinya doa itu berkekuatan dahsyat dan merupakan bentuk kepasrahan diri seorang hamba di hadapan Tuhan-nya. Doa juga merupakan bentuk komunikasi langsung antara seorang hamba dengan Penciptanya. Dalam doa terdapat pinta seorang hamba kepada Tuhannya. Bila dihayati, doa akan terasa nikmat jika dikemas dengan kepercayaan yang mendalam terhadap kekuatan dari doa tersebut. Allah SWT begitu menyukai hamba-Nya yang selalu berdoa setiap saat. Kalau kamu perhatikan, tak sedikit dari doa kecil kamu yang sering sekali dikabulkan oleh-Nya. Seperti saat kamu sedang terburu-buru ke suatu tempat, kamu pasti memohon dalam hati agar perjalanan lancar tanpa hamabatan, serta sampai tepat waktu. Atau pernah juga kamu berdoa, meminta agar penerbangan yang hendak kamu ambil untuk menemui keluarga di luar kota tepat waktu dan tidak mengalami penundaan. Apa pun bentuk dan isinya, kamu pasti pernah berdoa, baik sengaja maupun tidak sengaja. Dan biasanya, saat itu juga bisa langsung terasa bahwa doa yang sudah kamu pinta dikabulkan oleh Allah SWT. Sekalipun belum langsung dikabulkan, jangan pernah menyerah dan tetaplah untuk selalu berbaik sangka kepada-Nya.

Kepedihan hidup hampir selalu dialami setiap orang, bukan hanya kamu. Itu sangat wajar dan manusiawi. Dalam hal ini kamu tidaklah sendirian. Selalu tancapkan rasa percaya diri dan optimis, serta yakinlah bahwa Allah selalu bersama kamu, membantu kamu dan datang pada makhluk-Nya yang senantiasa meminta.


penerbit: qultummedia
cetakan: Maret 2018
harga: Rp. 65.000
rating: 4/5
tebal: x + 238 Hal 14x20 cm





Catatan:
Salah ketik pada;
1. Tuham - hal. 35
2. mucul - hal. 113
3. bakso J - hal. 115
4. mejawab - hal. 116
5. perbautan - hal. 119
6. nisaya - hal. 121
7. saai - hal. 172
8. surah pendek J - 223
9. tetap fresh J - 231

Komentar

  1. Harapan kepada manusia hanya membuahkan kekecewaan..bener dhyna..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, walaupun terkadang aku lupa masih berharap selain kepada-Nya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Never Give Up! oleh Ayum Daigo

Setiap orang pasti punya impian dalam hidup dengan standard dan cara pencapaian yang berbeda-beda. Impian yang kita miliki menjadi penentu langkah ke mana kita akan melangkah selanjutnya, menjadi tujuan untuk apa kita menjalani hidup ini, serta menjadi penyemangat hidup. Tanpa impian, hidup mungkin akan terasa hampa, kosong, dan tak bergairah. Impian akan membuat kita menjadi manusia yang memiliki tujuan hidup. Entah impian itu untuk diri sendiri, untuk sesama manusia, ataupun impian yang kita tujukan kepada sang Illahi. Namun, sesungguhnya impian yang ideal adalah impian yang kita tujukan untuk ketiganya. Saat memiliki impian, kita pasti akan berharap, dalam perjuangan untuk mencapainya, kita akan terhindar dari segala rintangan, halangan, bahkan kegagalan. Karena pada dasarnya, manusia memang hanya ingin sesuatu yang mudah. Berharap bahwa apa yang kita perjuangan, akan selalu berjalan sesuai rencana. Namun, hidup tetaplah hidup. Ada kesulitan, ada kemudahan. Ada

E-Card (E-money dan Flazz)

Assalamu'alaikum wr.wb. Sudah lama tidak mengisi blog lagi, awal aku buat blog karena tugas sekolah, cerita keseharian, sampai mengikuti lomba, tapi semuanya sudah dihapus dan aku hanya menyisakan satu postingan :D Okey, sekarang aku sudah bekerja. Aku sekarang bekerja di salah satu instansi pemerintah. Dulu sebelum aku kerja, aku ga tau yang namanya daerah Jakarta, yang aku tau hanya kampung melayu, pondok bambu dan klender hihihi Semenjak kerja, aku udah tau daerah-daerah Jakarta, yang awalnya aku ga ngerti naik Transjakarta, sekarang aku paham betul dan aku suka naik Transjakarta. Apalagi sekarang aku ga perlu transit karena ada rute Transjakarta yang sampai ke halte tempat dimana aku bekerja. Semenjak kerja di sini, aku suka naik Transjakarta koridor 7A PGC - Harmoni, jam 6 dari rumah aku berangkat, aku harus naik angkutan umum dulu ke terminal Kampung Melayu, aku hanya naik angkutan sekali menuju terminal Kampung Melayu, setelah sampai terminal Kampung Melayu, a